Adsense

Wednesday, September 5, 2007

Fire and Gas Detection System Offshore

System fire and gas detection system pada lingkungan offshore membutuhkan perlakuan khusus yang berbeda dengan kebanyakan sistem fire detection pada onshore.

Fire Detection adalah fasilitas yang sangat umum dipasangkan. sementara gas detection adalah persyaratan mutlak pada daerah dimana terdapat fasilitas gas.

Untuk mendeteksi fire /api bisa dipasangkan smoke detector ataupun heat detector, keduanya mendeteksi adanya api untuk di dalam ruangan. untuk outdoor pendeteksian smoke/asap menjadi kurang efektif mengingat di outdoor / ruang terbuka, angin relatif banyak sehingga konsentrasi asap tidak terjadi, demikian juga heat / panas sulit dideteksi, sehingga untuk aplikasi outdoor kita bisa gunakan flame detector. Dasar kerja flame detector adalah mendeteksi spectum gelombang cahaya yang menyerupai api.
Selain di luar ruangan flame detector juga dapat digunakan di dalam ruangan yang membutuhkan respons cepat jika terjadi api, misalnya dalam ruangan yang menyimpan zat-zat yang responsif terhadap api.

Teknologi terbaru dari gas detection dengan menggunakan infra merah. gas detection dengan infra merah lebih akurat mengingat pendeteksian dapat langsung ke sumber gas, dan tidak menunggu gas mengitari detector.

Syarat lain dari installasi peralatan di offshore adalah penggunaan peralatan dengan spesifikasi yang memungkinkan dipasang di offshore, mengingat umumnya offshore memiliki kondisi lingkungan yang sangat tinggi kadar garamnya sehingga sangat korosif. dan untuk beberapa aplikasi selalu diminta class 1 div 1 sebagai jaminan proteksi terhadap percikan dan api.

by an Genset & Allen bradley-modicon PLC automation training provider

No comments: