Adsense

Wednesday, September 5, 2007

Control System di Masa Depan

System Control yang menjalankan fungsi terprogram untuk sederhananya kita sebut saja sebagai Robot.

Dulu kita robot masih sangat sederhana, kita berpikir bahwa suatu saat kelak dapat melakukan berbagai kegiatan yang mempermudah pekerjaan manusia.
Sekarang anggapan ini sebagian sudah terbukti. Robot digunakan di berbagai alat-alat industri untuk menjalankan urutan-urutan proses yang berulang.

Di tangan robot, berbagai kesalahan karena kelemahan manusia, seperti lupa, ceroboh, lelah, dapat diminimalisir, sehingga robot bisa bekerja 24 jam tanpa salah !

Manusia saat ini diposisikan lebih beradap dari robot, yaitu sebagai pengawas, dengan modal HMI /Human to Machine Interface, manusia dapat mengawasi robot/mesin-mesin melalui perangkat SCADA-nya.

Mengapa SCADA dapat membantu manusia mengawasi robot-robot ?
Komputer SCADA dapat berkomunikasi langsung dengan sistem kontrol robot apapun namanya apakah PLC, microprocessor dan sebagainya. semua lalulintas data dapat dibaca dan ditulis oleh komputer SCADA sehingga manusia melalui SCADA dapat memberikan perintah kepada robot dan mesin-mesin.

Di masa depan, ketergantungan manusia terhadap robot dan mesin-mesin akan semakin besar, karena manusia makin lama makin ingin hidup enak dan santai, maka jadilah kebutuhan akan robot menjadi semakin besar. Di industri, dan tak lama lagi robot akan dibutuhkan di rumah-rumah.

Jadi bagaimana masa depan Robot ?

By An Genset & Allen bradley-modicon PLC SCADA automation training provider

No comments: