Adsense

Thursday, July 19, 2007

Upgrading PLC Desalination Plant

Desalination adalah suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan air murni (H2O) dari air laut untuk supply air yang dibutuhkan untuk menghasilkan steam pada boiler.

Air murni dihasilkan dari proses penguapan pada kondisi vacuum.

Lingkup project ini adalah melakukan pergantian PLC dan local monitor device untuk melakukan monitoring dan memberikan perintah ke PLC dari field.

Kebutuhan penggantian PLC ini karena CPU dari PLC lama sudah tidak beroperasi optimal dan sudah tidak adanya support dari manufaktur karena PLC tersebut sudah obsolete, karena plan desal ini juga sudah cukup tua (lebih dari 10 tahun).

Karena yang rusak hanya modul CPU, maka pada proyek ini keberadaan seluruh device PLC lainnya seperti Input dan Outputnya tetap dipertahankan.

Selain penambahan CPU, pada proyek ini juga menambahkan sebuah baseplate sebagai tempat bagi PLC yang baru lengkap dengan power supply dan sebuah RIO Head untuk modul komunikasi dengan baseplate yang lama. Penambahan RIO (Remote Input/Output) juga memungkinkan configurasi ini diexpand dimasa yang akan datang untuk menjadi system Hot Standby.
HotStandby PLC adalah system control PLC yang dapat mengantisipasi terjadinya failure pada system PLC utama, dimana fungsinya akan digantikan oleh CPU PLC secondary.

Pada gambar 1 dapat dilihat konfigurasi system PLC yang baru.


















Gambar 1. Konfigurasi PLC Desalination yang baru.

Dengan konfigurasi system yang baru ini selain dapat mempertahankan keberadaan seluruh modul I/O juga komunikasi antara PLC dengan DCS tetap dapat dipertahankan, karena CPU yang disupply mendukung digunakannya protocol modbus yang merupakan protocol komunikasi yang digunakan oleh DCS yang ada.

CPU penggantinya yaitu Quantum 534 merupakan salah satu produk high-end PLC dengan kemampuan fungsi dan kecepatan eksekusi program yang tinggi. Dengan kemampuan yang ada ini, seharusnya fungsi CPU ini telah dapat menggantikan keberadaan hardware PID controller yang digunakan pada desalination plant.

Untuk display monitor digunakan magelis. Display magelis yang digunakan memiliki tampilan full colour dan memiliki tipe touchscreen. Untuk komunikasi dari PLC ke display monitor ini digunakan protocol modbus sebagai media komunikasinya.

Pada proyek ini dilakukan installasi, commissioning dan startup desalination plant.

Pada tahap commissioning kita melakukan pengetesan masing-masing instrument yang digunakan sebagai sensor yang memberikan masukan ke PLC, termasuk juga instrument-instrumen yang digerakkan oleh PLC seperti motor dan actuator.

Pengetesan instrument dilakukan dengan cara memberikan perintah pada tiap-tiap keluaran PLC dan melihat respons dari instrument yang diuji. Untuk instrument-instrument sensor, pengujian dilakukan dengan cara mempengaruhi pembacaan sensor dan melihat perubahan yang dapat dibaca dari PLC.

Selalu dalam sebuah pekerjaan komissioning PLC, hal terpenting adalah analisis hazard/bahaya dalam system control yang mungkin terjadi, sehingga timbulnya hazard dapat dihindari. Dalam desalination plant, peluang hazard pada system kontrol terletak pada terkirimnya condensate yang memiliki kualitas rendah ke production line. Untuk mencegahnya sensor conductivity harus akurat dan fungsi valve menuju production line harus berfungsi dengan benar.

Dalam kondisi lingkungan yang sangat korosif karena pengaruh udara laut sehingga banyak instrument yang mengalami korosi. Dalam hal ini cathodic protection yang digunakan tidak dapat mencapai seluruh bagian yang perlu dilindungi, sehingga perlu dilakukan perbaikan terhadap beberapa instrument yang rusak karena cukup lama tidak dioperasikan.

Setelah seluruh peralatan di-uji dan dapat bekerja seluruhnya, proses commissioning selanjutnya memasuki tahap startup plant desal ini.

Dengan bantuan operator yang berpengalaman, proses startup dapat dilalui dengan mulus. Pada percobaan startup pertama telah dihasilkan H2O yang cukup baik, yaitu air yang memiliki conductivity yang cukup rencah, yaitu mencapai dibawah 10 microS/gr
Pada saat proses startup, keberadaan operator yang berpengalaman dan sangat mengetahui desalination plant sangat diperlukan dan sangat membantu dalam proses startup, karena banyaknya peralatan yang dapat menghasilkan anomaly dalam operasinya.

1 comment:

Anonymous said...

Mas Iman,
untuk cpu 534, apakah perlu config khusus untuk mengaktifkan port modbus B ?
port ini saya maw pake untuk komunikasi k scada. sedangkan untuk Modbus port sudah saya pakai untuk HMI.

mohon pencerahannya...

salam

pram