Adsense

Tuesday, October 30, 2007

Modbus Serial Communication Modicon dengan XMIT

Salah satu bagian tersulit yang saya alami ketika menyelesaikan programming PLC modicon untuk project Gas Integration adalah melakukan programming untuk serial communication.
Rencananya PLC diminta untuk membaca transmitter melalui modbus serial.
PLC yang kami miliki adalah quantum 213. Kita juga memiliki modul nom.
Tadinya saya pikir kita akan menggunakan modul nom itu untuk komunikasi dengan device. ternyata dugaan saya salah. kita tidak bisa menggunakan modul nom ini untuk komunikasi serial ini. Hal ini karena Nom adalah modul modbus slave yang tidak bisa melakukan inisiasi. untuk itu communication harus dikakukan dengan menggunakan port modbus yang ada di CPU.
Untuk kebutuhan ini saya gunakan proworx sebagai alat pemrograman. sebenarnya kita juga bisa gunakan modsoft atau concept sebagai alat bantu programming, tapi saya gunakan proworx32.

Ternyata programming nya cukup sederhanya. kita hanya cukup gunakan function XMIT yang ada di library nya. hanya saja kita harus tahu bagaimana struktur data serial communication dengan menggunakan modbus.

Modbus Serial Communication port pada PLC sangat membantu untuk dapat berkomunikasi dengan devices yang memiliki fasilitas serial communication. Penggunaannyapun semakin luas karena modbus merupakan serial communication standard untuk devices.

Contoh peralatan yang menggunakan modbus serical communication antara lain VSD, Sepam, Power meter, transmitter, MPFM.

By An Genset & Allen bradley-modicon PLC automation training provider

No comments: