Adsense

Sunday, September 2, 2007

Design Fire Detection di Offshore















Berikut ini adalah oleh-oleh dari survey ke offshore dalam rangkan untuk mendesain sistem fire detection di oil production platform.





Fire detection sangat diperlukan di sini mengingat platform ini memproduksi minyak sehingga environment di sekitarnya sangat memungkinkan terdapat dust/partikel-partikel condensat yang sensitif terhadap api. Sementara kebutuhan gas detection karena pada platform ini juga akan dibangun fasilitas untuk memompa gas dari well.



Beberapa alat yang dipasang untuk pendeteksian api antara lain adalah : smoke detector, fire detector, gas detector serta heat detector.

Smoke detector umumnya dipasang didalam ruangan dengan asumsi bahwa setiap pembakaran umumnya akan disertai dengan asap, dan asap dianggap sebagai indikasi awal terjadinya kebakaran.

Fire Detector umumnya dipasang pada daerah terbuka yang sangat sulit mendeteksi asap.

Sementara gas detector untuk mendeteksi kehadiran hidrocarbon dalam ruangan.

Pemasangan gas detector umumnya pada arus masuk udara, seperti pintu atau air intake.

Sistem deteksi fire/gas ada dua model yaitu floating dan non floating. sistem floating adalah sistem yang menginginkan adanya kepastian alarm yang muncul adalah benar-benar mengindikasikan adanya api yang sebenarnya. sistem ini tidak mentolelir kesalahan deteksi, oleh karenanya dua detector umumnya dipasang untuk memastikan kebenaran deteksinya.

1 comment:

Nova said...

Keep up on writing your exprience Mas Iman, good experience documentation is good knowledge documented and shared for next generation