Adsense

Tuesday, June 24, 2008

Revolusi Dunia Otomasi

Penggabungan teknologi telekomunikasi, IT elektronik dan mechanical adalah kenyataan kita pada hari ini. Ini yang dikenal sebagai Otomasi, dimana semua dapat dimonitor, di kendalikan dari jarak jauh.
Teknologi ini dapat menjadi penyebab dari revolusi industri dalam bentuk baru.
Dahulu revolusi industri timbul karena adanya mesin yang menggantikan tenaga manusia. Saat ini revolusi industri timbul karena penggabungan Teknologi telekomunikasi, IT, Elektronik dan Mesin.
Sayangnya ditengah-tengah pertarungan teknologi yang sangat sengit dewasa ini, sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum menyadari kehadirannya.
Masyarakat kita masih terlalu asyik dengan cara hidup lama dengan teknologi yang jauh tertinggal, sekalipun itu di lingkungan industri besar di Indonesia.

Untuk menjawab tantangan di era dunia otomasi ini diperlukan SDM yang tangguh dari segala disiplin ilmu. Saya melihat ini adalah potensi yang masih sangat besar peluangnya untuk digali.

Untuk itu saya ingin memulai berbagi mengenai bidang-bidang yang dapat dirambah oleh revolusi di bidang otomatisasi ini dan apa yang dapat kita lakukan dengannya.

Sebut saja contoh sederhana, mesin otomatis untuk menjual koran, pembeli dapat memasukkan coin dan mendapatkan koran yang diinginkannya.

Di angkutan umum juga otomasi sudah umum digunakan di luar negeri, misalnya untuk ticketing bus, jalan tol, dll.

Di bidang kesehatan, mesin pacu jantung, mesin cuci darah, dst.

Di bidang metering, Pencatatan listrik otomatis

dst.

2 comments:

Hadi Scada said...

Nice share..
Ditunggu artikel2 berikutnya..

Hadi Scada said...

Nice share..
Ditunggu artikel2 berikutnya..