Adsense

Thursday, July 19, 2007

Fire Water Pump

Fire Water Pump adalah mekanisme pemadaman kebakaran otomatis. Control system Fire Water Pump diatur dalam standard desain NFPA 20. Standard ini mengatur mekanisme otomatisasi Fire Water Pump dan Instrument control yang dipersyaratkan.

Sistem Control yang digunakan pada project ini menggunakan PLC Allan Bradley dari keluarga SLC 5/01 dan SLC Input/Output Series.

Fungsi dasar dari system control ini adalah agar Sistem Kontrol dapat bekerja secara otomatis untuk mengaktifkan motor secara electrical yang mengambil catu daya yang berasal dari battery, maupun secara pnenumatic yang memanfaatkan air instrument sebagai penggerak awal motor melakukan starting-up.

Ada 3 mode melakukan starting-up motor, yaitu :

1. Emergency Auto Start
2. Weekly Auto Start
3. Manual Start

Emergency Auto Start adalah mekanisme untuk menjalankan pompa dalam kondisi emergency ketika menerima sinyal dari Fire & Gas Systems.

Hardware PLC

Sebagaimana yang disyaratkan pada document kontrak dan dokumen NFPA yang mensyaratkan bahwa system Fire Water Pump harus mendapatkan supply dari battery, maka syarat mutlak yang dituntut adalah voltage drop yang terjadi tidak mengganggu system control PLC. Untuk itu pada desain Fire Water Pump ini dibedakan antara battery yang disupplay untuk pompa dan battery yang digunakan sebagai catu daya PLC.


Battery Lifetime

Battery digunakan untuk backup power baik untuk pompa maupun untuk PLC. PLC membutuhkan daya minimal agar dapat melakukan fungsi control secara normal.

Total arus yang disediakan untuk PLC adalah 7A. Arus ini berdasarkan kebutuhan arus maximum seluruh control PLC. Sementara PLC SLC 5/01 dapat memberikan toleransi voltage drop sampai 18 Volt atau 0,75% dari tegangan yang direkomendasikan. Hal ini berarti system control dapat memberikan toleransi penurunan daya yang disupplay dari battery sampai dengan 60% dari kapasitas awal.

Berdasarkan spesifikasi battery, didapatkan bahwa Self discharge dari battery setelah 8 bulan adalah 60%, sehingga battery lifetime minimal untuk system control ini adalah 8 bulan.

No comments: