Adsense

Saturday, September 8, 2007

Komunikasi PLC

Salah satu tantangan terbesar dalam pemrograman PLC adalah melakukan integrasi antar PLC atau dengan berbagai peralan lain.

PLC memiliki fasilitas modul komunikasi yang dapat digunakan untuk membuat mekanisme komunikasi antar PLC atau device lain. sebagai contoh, pada modicon, terdapat XMIT, fasilitan ini digunakan untuk memprogram PLC agar dapat berkomunikasi dengan peralatan lain yang menggunakan modbus.

Dengan program ini, kita dapat mengatur kapan waktu-waktu kita melakukan komunikasi, berapa besar yang kita komunikasikan, addres mana saja yang akan kita share, dst.

By An Genset & Allen bradley-modicon PLC automation training provider

4 comments:

Anonymous said...

Dear Pak Iman,
Apakah ada tempat kursus u/ memperdalam PLC, SCADA dan DCS, terutama di Jakarta dan Batam ? Mohon informasi tempat dan biaya-nya.

Terima kasih
-Pandu

Iman Triwahyudi said...

Terima kasih sudah mampir mas Pandu. Kami sendiri menyelenggarakan training PLC. Training PLC yang akan datang ada di bulan november (Setelah lebaran). Jadwal training akan saya submit menyusul.

Salam.

Anonymous said...

As'salammualaikum.Wr.Wb
salam kenal mas Iman..^^
saya bingung mas mencari tempat yang mengadakan pelatihan PLC,SCADA,dan DCS..mas Iman bisa bantu saya, kemana saya harus mencari informasi lagi,,,??

terima kasih
*grana
contact me at gre_n@in.com

Anonymous said...

Mas saya mau tanya kalau kita mengkomunikasikan PLC Step 7 lite 300 dengan peralatan kontrol lain, misalnya DCS untuk masalahah konektornya bagaimana.

konekor yang terdapat pada sisi PLC hanya berupa MPI

trimakasih sebelumnya mas